Ingin Denimmu Tetap Awet ? Yuk Kita Simak Cara Merawatnya !



Hai Sobat Tama! Siapa sih disini yang sama sekali tidak pernah memakai produk berbahan denim, baik itu kemeja, tas, atau yang paling terkenal ialah celana atau jaket jeans. Ya! Rasanya semua orang pernah memakai produk berbahan denim ini. Bahkan ada lho orang-orang yang sampai mengkreasikan denimnya sedemikian rupa agar terlihat unik dan menarik.


By the way, kenapa sih produk-produk denim itu sangat diminati ? beberapa orang beranggapan bahwa memakai produk denim adalah pilihan terbaik dalam menentukan outfit yang kita pakai. Produk-produk denim sangatlah cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai model fashion yang ada saat ini, seperti kemeja flannel, outer casual ataupun kaos sekalipun.


Namun merawat produk-produk denim seperti celana jeans, jacket ataupun kemeja memang membutuhkan perhatian khusus agar item outfit tersebut awet dipakai dalam waktu lama dan warnanyapun tidak cepat pudar. Sebenarnya banyak sekali cara merawat produk denim yang saat ini diketahui oleh banyak orang, seperti tidak perlu mencucinya selama berbulan-bulan ataupun produk-produk denim tersebut dimasukan kedalam freezer untuk membunuh bakteri pada denim.


Hmm.. daripada kita berdebat cara mana yang paling tepat untuk merawat produk-produk denim, lebih baik kita simak yuk! beberapa tips merawat deni agar tetap awet.


Seberapa sering sih produk-produk denim tersebut harus di cuci ?


Sobat Tama pasti sering mendengar bahwa sebaiknya celana, jacket atau apapun yang berbahan denim ini tidak perlu terlalu sering di cuci agar tetap awet dan warnanya tidak cepat pudar, hal ini memang benar karena semakin sering di cuci, warna dari pakaian denim tersebut akan semakin cepat pudar dan luntur. Selain itu mencuci pakaian denim terlalu sering memang tidak baik bagi lingkungan karena denim – denim tersebut menganduh zat pewarna ataupun zat kimia tertentu. melansir dari situs Science News for Students, serat-serat mikroskopik yang berasal dari sisa cucian celana jeans berisiko menambah kadar polusi air.


Jadi, seberapa sering sih produk-produk denim tersebut harus dicuci ? Jika keadaannya tidak terkena kotoran seperti air atau tanah, Anda hanya perlu mencucinya setelah 5 – 8 kali dipakai.


Bahaya dari pakaian denim yang jarang dicuci.



Pakaian denim memang tak perlu dicuci setiap hari. Namun, bukan berarti kamu bisa membiarkan pakaian denim tersebut tidak dicuci begitu saja selama berhari-hari, bahkan hingga berbulan-bulan. Pasalnya, pakain yang kita pakain ini sangat sering terpapar dengan kotoran, keringat, serta sel kulit mati dari tubuh ketika kita beraktivitas sehari-hari.


Semakin lama kotoran tersebut dibiarkan, maka pakaian denim tersebut akan menjadi tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang biak. Penumpukan bakteri berlebih pada pakaian denim berisiko menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit. Lebih parahnya, kamu akan sangat rentan terkena penyakit kulit seperti folikulitis atau infeksi jamur. Hmm mengerikan banget kan guys!


Ini dia cara mencuci pakaian denim agar terbebas dari kuman.



Seperti yang kita jelaskan di awal, merawat produk denim memang memerlukan perhatian khusus dan tentunya memang bukan perkara yang mudah agar pakaian denim yang kita pakai ini tetap awet.

Sobat Tama pasti menginginkan pakaian denim yang terbebas dari kuman bukan ? disisi lain Sobat Tama pun juga tidak mau pakaian denim tersebut rusak karena terlalu sering di cuci. Supaya pakaian denim yang kita pakai ini bersih, harum dan tetap awet, Yuk kita simak cara mencuci pakaian denim berikut !


Cara mencuci pakaian denim dengan tangan


dengan cara ini, Sobat Tama dapat memastikan kondisi serta kebersihan pakaian denim setelah dicuci.


1. Pisahkan celana jeans dari pakaian lainnya.

2. Sebelum direndam, balikkan celana jeans dengan bagian dalam di luar dan sebaliknya.

3. Rendam celana jeans di dalam air dingin yang dicampurkan dengan detergen atau larutan cuka putih. Diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan.

4. Setelah direndam, Anda bisa mulai menggosok bagian-bagian celana jeans, terutama di bagian yang kotor dan bernoda.


Cara mencuci pakaian denim dengan mesin cuci


Jika Sobat Tama memiliki mesin cuci di rumah, kaliuan juga bisa menggunakannya untuk mencuci pakaian denim kesayanganmu!

1. Sama seperti mencuci dengan tangan, pisahkan celana jeans dari pakaian berbahan lain dan balikkan posisi celana jeans.

2. Cuci celana jeans dengan putaran rendah dan air bersuhu 30 derajat Celsius.

3. Gunakan detergen khusus mesin cuci secukupnya. Hindari memakai detergen atau produk pembersih dengan pemutih.


Cara mengeringkan pakaian denim.



Setelah selesai mencuci pakaian denim, cara berikutnya adalah balikkan lagi posisi pakaian denim tersebut seperti semula. Supaya cepat kering, kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari. Pastikan kamu tidak menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan pakaian denimmu. Setelah itu kalian bisa langsung jemur hingga benar-benar kering agar terhindar dari kondisi lembap yang berpotensi jadi tempat jamur dan bakteri bersarang.


Setrika dengan benar



Jika pakaian denim yang sudah di jemur tadi sudah kering sepenuhnya, sekarang waktunya kamu menyetrika. Perhatikan langkah-langkah berikut agar denimmu tetap awet ya Sobat Tama!

1. Balikkan lagi posisi celana jeans dengan bagian dalam di luar dan sebaliknya.


2. Atur suhu setrika Anda sesuai dengan instruksi yang ada di label celana jeans.


3. Letakkan kain katun atau handuk di antara setrika dan celana jeans. Hindari kontak langsung antara celana jeans dan permukaan setrika.


4. Celana jeans Anda siap digunakan atau disimpan di dalam lemari.


Itu di cara merawat pakaian denim agar tetap awet, selain itu kamu pun tidak perlu khawatir pakaian yang kamu pakai pun benar-benar terbebas dari bakteri dan kuman yang akan mengganggu aktivitasmu



Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square