PT. MULTI SANDANG TAMAJAYA 

Jl. Bihbul Raya II No. 107 - Kopo

Bandung, 40228 - Indonesia

FOLLOW US

Facebook

Instagram

Jual Kain Bandung  

Jual Kain Muslim

©2017 by PT. Multi Sandang Tamajaya

Please reload

Recent Posts

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Featured Posts

Workshop Menjahit Sashiko di Bandung, Seru Banget Loh !

July 20, 2019

 

Pernahkah kalian mendengar teknik menjahit Sashiko? Sashiko adalah teknik menjahit dari Jepang yang sudah dipraktekkan turun temurun sejak abad 18. Teknik menjahit ini diterapkan pada beberapa kain yang ditumpuk seperti tambalan agar menjadi lebih tebal dan hangat ketika dipakai. Namun siapa sangka, justru hal ini lah yang membuat teknik Sashiko menjadi unik dan kian digandrungi masyarakat. Selain memperindah, teknik Sashiko juga membuat lapisan pada pakaian menjadi lebih kuat. Adapun jahitan tangan Sashiko dibuat dengan teknik jelujur sederhana membentuk pola garis, lingkaran, kotak, herringbone, ombak, dan lain-lain.

 

 

Tanggal 25 Mei 2019 lalu, kami mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung metode menjahit Sashiko. Berlokasi di Bobobox Cipaganti Bandung, kegiatan workshop Sashiko diadakan oleh Java Anggara, Lola Nadya dan Yuffa Annisa, para mahasiswa/i dari universitas di Bandung. Kegiatan workshop diawali dengan presentasi singkat mengenai pengenalan akan teknik jahit Sashiko, dilanjutkan dengan demo oleh pengajar. Setelah itu giliran setiap peserta untuk mempraktekkan Sashiko di media tote bag menggunakan potongan-potongan kain, jarum, dan benang yang sudah disediakan.

 

 

 

Selain menambah nilai estetis, teknik jahitan Sashiko juga mendukung prinsip zero waste, karena dapat diaplikasikan pada celana jeans, sepatu, tas, atau jaket yang tadinya sudah tidak terpakai sehingga memiliki nilai jual kembali. Tidak menutup kemungkinan orang yang sudah menguasai teknik Sashiko bisa menjadikannya sebagai usaha/bisnis seperti craft, patchwork, atau fashion.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Foto Bersama dengan Karya Peserta Workshop Sashiko

 

 

Bagi kalian yang tertarik dengan teknik menjahit Sashiko, tidak ada salahnya untuk mencoba mempelajarinya. Selain menambah ilmu, belajar teknik Sashiko dapat menjadi ladang bisnis  di kemudian hari, sekaligus melestarikan teknik jahit Sashiko agar tidak hilang seiring berkembangnya zaman.

 

Referensi :

 

https://gayahidup.republika.co.id/berita/pgd8p8366/mengenal-teknik-menjahit-sashiko