Please reload

Recent Posts

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Featured Posts

Liburan ke Bandung? Berikut 10 Kuliner Favorit yang Wajib Anda Coba !

May 30, 2019

Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Libur lebaran menjadi momen yang pastinya sangat dinantikan untuk bersilaturahmi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Mungkin beberapa sobat Tama sudah merencanakan liburan dengan keluarga ke berbagai destinasi tempat wisata, tentunya tidak ketinggalan keinginan untuk mencicipi kuliner khas kota yang akan dikunjungi. Nah, untuk para sobat Tama yang memiliki rencana mudik atau sekadar bermain ke Kota Bandung, berikut kami berikan 10 rekomendasi tempat makan favorit yang wajib dikunjungi :

 

1. Kedai Aceh Cie Rasa Loom

 

Foto : www.hoteldiindonesia.net 

 

Bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan makanan khas Aceh, Anda bisa berkunjung ke Kedai Cie Rasa Loom. Arti dari Cie Rasa Loom sendiri dalam bahasa Aceh adalah “coba rasakan lagi”.  Selain rasa nya yang nikmat, harga nya pun tidak menguras kantong hanya Rp. 15.000 – Rp 25.000/porsi. Menu favorit nya yaitu Mie Aceh yang digoreng/direbus, tekstur mie nya lebih besar dari mie biasa, serta untuk mie aceh tumis spesial dilengkapi dengan potongan udang, daging sapi, cumi, toge, tomat, dan bawang goreng. Selain mie Aceh, Kedai Cie Rasa Loom menyediakan menu lain seperti roti canai, martabak, udang, kue timphan, nasi goreng kambing, dan lain-lain.

 

Lokasi : Cabang Jalan Buah Batu No. 154 Bandung

 

 

2. Kampung Daun

 

 Foto : Indo Traveler

 

Apabila Anda sedang mencari tempat wisata di Kota Bandung yang menyajikan makanan khas Sunda, Anda bisa mampir ke Kampung Daun di daerah Lembang. Konsep tempatnya dibuat santai seperti desa yang sejuk nan asri, sedangkan para pramusaji memakai kostum pakaian adat khas Sunda. Dijamin Anda akan betah untuk bersantai dan berlama-lama di Kampung Daun. Terdapat berbagai sajian lokal, western, hingga makanan ringan dengan kisaran harga Rp. 50.000 – Rp 100.000 / porsi. Menu favoritnya antara lain nasi liwet,  bebek bakar bumbu Bali, nasi bakar belut, dan nasi timbel komplit. Untuk minumannya tersedia minuman kuliner khas Bandung seperti es goyobod, bandrek, dan bajigur.

 

Lokasi : Jalan Sersan Bajuri KM 47 No.88, RRI, Bandung, Jawa Barat. 

 

 

3. Iga Bakar si Jangkung

 

Foto : blogplanetz

 

Iga Bakar Si Jangkung sudah terkenal akan kelezatannya sejak dahulu, saking enaknya tempat ini disebut-sebut memiliki iga terenak di Bandung. Daging iga bakar kambing menjadi menu favorit dengan tekstur dagingnya yang empuk, manis, dan gurih. Restoran ini juga menawarkan berbagai olahan daging ayam, kambing, dan sapi dengan harga terjangkau, kisaran harga yaitu Rp. 40.000 – 60.000/orang

 

Lokasi : Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

 

 

4. Yoghurt Cisangkuy

 

 Foto : www.travelingyuk.com

 

Yoghurt Cisangkuy adalah salah satu wisata kuliner legendaris di kota Bandung yang sudah ada sejak tahun 1976. Yang membuat Yoghurt Cisangkuy berbeda adalah rasanya tidak terlalu asam dan lebih manis, disertai potongan-potongan buah segar atau rum di dalamnya. Pilihan rasanya pun beraneka ragam dan menarik hati, sangat menggugah selera minum Anda. Untuk menu pendamping, Yoghurt Cisangkuy menyediakan aneka menu makanan seperti kentang goreng, sosis, bubur ayam Bandung hingga jajanan di sekitar lokasi seperti siomay, batagor, dan satai. Yoghurt Cisangkuy dapat Anda peroleh dari harga Rp.20.000 saja, sementara untuk harga makanan seperti kentang goreng dengan sosis di yoghurt Cisangkuy dihargai sekitar Rp.20.000 –Rp. 30.000 / porsi.

 

Lokasi : Jalan Cisangkuy No. 66 kota Bandung

 

 

5. Rumah Nenek Resto Café

 

 Foto : tempatwisatadibandung.info

 

Konsep restoran Rumah Nenek Resto Cafe adalah rumah tua yang tenang dan nyaman. Menu yang disuguhkan pun lebih ke makanan rumahan dan tradisonal seperti nasi bakar, nasi pepes, sosis bakar, sup kacang merah dan masih banyak lagi. Sajian di restoran ini dibuat dengan resep-resep unggulan keluarga yang lezat dan memiliki cita rasa yang unik.  Menu favoritnya antara lain Chicken Taragon, Nasi Lidah Jamur, Nasi Timbel Roemah Nenek, Sosis Galler Wurst, Nasi Tutug Roemah Nenek, Nasi Bakar Merah. Apabila Anda mencari masakan ala barat, Anda juga dapat memesan Italian pizza, steak, dan salad. Selain rasanya yang enak, harga nya pun terjangkau, sekitar Rp. 30.000 – 50.000 / orang.

 

 

6. Batagor Hanjuang

 

Foto : Tribun Jabar/Fasko Dehotman

 

Batagor Hanjuang adalah salah satu kuliner khas pinggir jalan yang dijual menggunakan gerobak sederhana. Namun siapa sangka, batagor ini amat terkenal akan kelezatannya, resepnya telah teruji sejak tahun 1990. Rasa batagornya yang gurih dan bumbu kacangnya yang segar amat memanjakan lidah. 1 Porsi batagor Hanjuang amat terjangkau, yaitu di bawah Rp. 20.000 / porsi.

 

Lokasi : Jl. Astina No.17, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40173

 

 

7. Kopi Ireng

 

 Foto : kulinerdago.com

 

Apabila Anda penikmat kopi, Anda wajib mencoba kopi Ireng di daerah Bukit Pakar, Bandung. Memiliki konsep rumah joglo, Kopi Ireng menyajikan pemandangan Kota Bandung yang sangat indah apalagi kalau Anda berkunjung di malam hari. Sajian kopinya khas dan nikmat dengan berbagai varian rasa seperti Zig Zag Coffee, Caramel Machiato, Creamy Cappucino, Black Cappucino, Latte Espresso, kopi luwak, dll. Untuk menu makanan Anda dapat mencoba iga bakar kopi yang diolah dengan bumbu dan diberi saus spesial, yaitu saus kopi. Nasi goreng rempah nya pun menjadi makanan favorit di sini. Kisaran harga sekitar Rp. 30.000 – Rp. 75.000 / orang

 

Lokasi : Jl. Bukit Pakar Timur Ciburial No. 1 Bandung

 

 

8. Shawaregna

 

 Foto : www.kulinerbandung.com

 

Sedang mencari restoran All You Can Eat makanan lokal dengan harga murah? Anda wajib mencoba Shawaregna, yaitu restoran All You Can Eat dengan harga Rp. 39.000 saja ! Dalam bahasa Sunda sawaregna memiliki arti sekenyangnya. Sistemnya buffet dengan sajian  makanan khas Indonesia seperti nasi goreng seafood, batagor, siomay, mie kocok, baso malang, lotek, baso kuah, cuanki, mie ayam, gorengan, juga bubur ayam. Apabila Anda tidak menghabiskan makanan di piring, Anda akan dikenai denda sebesar Rp. 15.000/jenis.

 

Lokasi : Jalan Sindang Sirna No.21, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40153

 

 

9. Bakso Cuanki Serayu

 

Foto : sportourism.id

 

Pernahkah Anda mencoba bakso cuanki? Bakso cuanki adalah salah satu panganan berkuah yang terdiri dari siomay, tahu dan bakso khas Bandung. Cuanki sendiri adalah kependekan dari Cari Uang Jalan Kaki, karena biasanya dijajakan dengan cara keliling kampung menggunakan gerobak. Salah satu tempat cuanki yang populer di Kota Bandung adalah Cuanki Serayu. Cuanki Serayu sudah ada sejak tahun 1990. Rasa kuah kaldunya berbeda dari penjual cuanki biasanya, konon terbuat dari rebusan tulang ikan, bukan lagi tulang sapi seperti kuah bakso biasa. Harga satu porsi cuanki dan batagor yaitu Rp 12.000/porsi, sementara untuk setengah porsi dihargai Rp 8.000.

 

Lokasi : Jalan Serayu No 2 kota Bandung, Jalan Bengawan no 69 kota Bandung, Jalan Babakan Sari No 93 kota Bandung

 

 

10. Bornga

 

Foto : bullyyourbelly

 

Apabila Anda beserta keluarga menginap di Tama Boutique Hotel Bandung, di lantai bawah Anda akan menjumpai restoran korea Bornga. Bornga adalah restoran franchise dari Korea yang menyuguhi berbagai macam makanan khas korea yang memanjakan lidah. Hadir dengan tagline “Original Korean Taste”, Bornga memang menjanjikan cita rasa Korea yang otentik pada setiap pengunjungnya. Di Bornga, Anda akan disuguhi side dish (free) berupa sayuran yang banyak sekali di piring panjang. Menu andalannya yaitu Woo Samgyup, berupa beef brisket yang diiris tipis dan memiliki lemak cukup banyak. Ada dua macam saus yang diberikan, ada woo samgyup sauce & soybean paste. Selain menyajikan menu daging sapi, daging ayam, dan seafood, tersedia juga menu dari babi atau pork. Agar anda tidak salah pilih, perhatikan dengan teliti pada nama menu beserta gambar yang tertera di daftar menu. Pada nama menu tertera gambar sapi (beef) dan babi (pork). Harga untuk menu daging panggangnya bervariasi mulai dari 100 ribu sampai 350 ribu, tergantung dari jenis daging yang dipesan. Kisaran harga dari Rp. 100.000 – Rp. 300.000 / orang

 

Lokasi : Tama Boutique Building, Jl. Dr. Rajiman No.5, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

 

 

Referensi :

 

http://bandung.panduanwisata.id/menikmati-mie-aceh-di-rumah-makan-cie-rasa-loom/

https://travelingyuk.com/kampung-daun/122469/

https://www.diedit.com/kampung-daun/

https://kuliner-kuliner-bandung.blogspot.com/2014/09/mencicipi-menu-roemah-nenek-resto-cafe_5.html.

http://jabar.tribunnews.com/2017/11/24/berkunjung-ke-bandung-jangan-lupa-cicipi-lima-batagor-paling-enak-dan-terkenal-di-sini?page=all

http://www.kopiireng.com/lokasi.html

http://urbanradiobandung.com/bandrek-kuliner/7-kuliner-kota-bandung-lezat-dan-tidak-boleh-terlewatkan/

https://tempatwisatadibandung.info/cuanki-bandung-paling-enak-dan-terkenal/

https://tempatwisatadibandung.info/yoghurt-cisangkuy-surapati-bandung/

https://travel.kompas.com/read/2017/07/13/221000127/iga-bakar-si-jangkung-ini-memang-spesial

https://www.tripadvisor.co.id/ShowUserReviews-g297704-d817363-r408524441-Iga_Bakar_Si_Jangkung-Bandung_West_Java_Java.html

http://www.klikhotel.com/blog/restoran-korea-di-bandung/

http://letsgoeatall.blogspot.com/2016/04/bornga-buka-di-kota-bandung.html

 

 

T A M A

be a better partner

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us
Search By Tags