top of page

Yuk, Mengenal Proses Produksi Kain Hingga Menjadi Pakaian !

Coba sobat Tama liat pakaian kalian. Apa kalian pernah berpikir bagaimana proses pakaian tersebut dibuat ?. Kali ini kita akan membahas bagaimana proses produksi kain hingga menjadi pakaian yang sobatTama pakai sehari - hari. Berikut tahapan-tahapannya


1. Inspecting

Proses perTama dalam proses produksi pakain jadi adalah inspecting. Inspecting bertujuan untuk memastikan setiap kain memiliki kualitas yang baik dan siap untuk di cutting. Inspecting ini adalah proses awal sebelum kain di proses menjadi pakaian yang sobat pakai sehari – hari



Gambar proses inspecting


2. Cutting

Cutting adalah proses pemotongan kain mengikuti pola yang sudah disiapkan, sehingga diperoleh potongan sesuai dengan pola,model dan ukuran pakaian ataupun garment yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Proses cutting ini tidak semudah yang dipikirkan lho, proses cutting memerlukan ketelitian yang tinggi agar pola yang diharapkan bisa dipotong rapih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari sobat Tama sekalian.

Untuk mempermudah proses produksi, setiap bagian yang sudah di cutting dikelompokan dan dilakukan proses numbering. Numbering sendiri dalam produksi garment adalah tahap pemberian keterangan setiap lembar potongan kain agar memudahkan proses penggabungan saat penjahitan nantinya.



Gambar proses cutting



Gambar proses numbering


3. Sewing

Setelah cutting selesai dan kain sudah dikelompokan maka akan dilanjutkan dengan proses sewing, sewing juga lebih dikenal dengan penjahitan dalam menyatukan bagian-bagian kain yang telah dipotong dan dikelompokan pada saat proses numbering dan cutting sebelumnya. Di proses ini juga, kita sudah dapat melihat potongan pakaian secara utuh. Namun pakaian tersebut belum sepenuhnya jadi, dan masih ada beberapa proses lagi.



Gambar proses sewing


4. Washing

Washing yang sobat Tama tau mungkin mencuci pakaian dengan air, detergen atau dengan cairan pembersih lainnya. Namun dalam produksi garment washing bukan hanya untuk membersihkan kotoran atau noda, namun memiliki tujuan diantaranya untuk mengontrol susut kain yang terjadi saat proses washing.


5. Finishing

Finishing adalah proses pembersihan benang dan pemasangan aksesoris pada produk-produk garment. Proses ini dilakukan untuk agar model pakaian yang ada menjadi lebih baik dan maksimal tentunya. Dalam finishing terdapat beberapa tahapan yaitu :


- Proses Quality Control

Dalam produksi garment quality control adalah proses seleksi dan penilaian sebuah produk garment agar memenuhi standar yang ada, sehingga aman dan nyaman untuk dipakai sehari-hari.

- Proses Steam

Steam adalah proses penyetrikaan kain agar kain terlihat lebih rapih dan siap digunakan sehari-hari oleh customer.

- Proses Packing

Packing adalah proses pengemasan atau pembungkusan produk garment sebelum dikirimkan ke customer. Proses ini dilakukan agar barang yang dikirimkan tidak mengalami kerusakan dan sampai dengan aman dan ke tangan customer.



Gambar proses finishing



Gambar proses quality control



Gambar proses steam


Agar sobat Tama makin mudah mengenal proses produksi dari kain hingga menjadi sebuah pakaian, kami lampirkan gambar siklus proses produksinya!



Gambar proses produksi kain menjadi pakaian


Begitulah proses produksi kain menjadi pakaian jadi seperti yang Sobat Tama pakai saat ini. Panjang juga ya prosesnya. Jangan lupa untuk terus pantengin social media kita untuk info - info menarik seputar textile lainnya yaaaa.







FA


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page