TAMA FASHION DESIGN COMPETITION 2021



DARE TO CREATE READY TO WEAR

“Menjawab tantangan untuk menjadi insan kreatif di tengah pandemi”


Dunia fashion di Indonesia bisa dikatakan berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir, Hal ini didukung dari berbagai aspek yang ada seperti banyaknya designer lokal kreatif yang semakin potensial hingga trend fashion Indonesia yang mulai dilirik dunia, seperti penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Brand Christian Dior. Hal ini tentu merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional.


Trend fashion tentunya senantiasa berubah dengan cepat. Dalam hitungan bulan, selalu muncul mode fashion baru. Hal ini tak lepas dari produktivitas industri fashion, para designer fashion lokal yang inovatif, dan munculnya generasi muda kreatif yang antusias dengan industri fashion. Saat ini, fashion bukan hanya sebagai penutup tubuh saja namun dapat menjadi indentitas tersendiri dari si pemakainya. Sadar akan tingginya animo pasar akan kebutuhan fashion, para pelaku usahapun berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menghadirkan produk-produk yang memiliki nilai tambah dan dapat diterima oleh pasar khususnya pasar Indonesia.


Namun pendemi covid-19 yang melanda berbagai belahan dunia saat ini tentu berdampak pada ekonomi dunia bahkan industri fashion di Indonesia. Dalam beberapa waktu, industri fashion dalam negeri mengalami keterpurukan yang cukup hebat, para pelaku usaha di dunia fashionpun dituntut semakin kreatif untuk survive di tengah kondisi seperti ini. salah satu strategi yang dilakukan para pelaku usaha untuk survive di tengah kondisi seperti ini adalah digitalisasi. Bagaimana tidak, disaat semua masyarakat dianjurkan untuk berkegiatan dari rumah saja, bekerja dari rumah saja atau work from home, hingga berbelanja kebutuhan pun dilakukan dari rumah saja. Dengan adanya digitalisasi ini, industri fashion mampu bangkit dari krisis ekonomi akibat pandemi covid 19 ini.


Saat ini, masyarakat tidak perlu datang ke toko untuk sekedar berbelanja item fashion yang diinginkan, semua dapat dilakukan dari rumah saja sehingga berbelanja pun akan lebih efektif dan efisien. Sisi lain dari pandemi yang melanda negeri ini, munculnya sebuah trend fashion yang baru, dimana ketika semua kegiatan dilakukan dari rumah saja, masyarakat perlu item fashion yang simple, nyaman, praktis, namun tetap memberikan look yang fashionable bagi para pemakainya. Para desainer juga dituntut untuk semakin kreatif dalam menghadirkan item fashion dengan konsep ready to wear.


Konsep fashion ready to wear atau dalam bahasa Perancis pret-a-porter ini adalah sebuah istilah yang digunakan oleh para desainer untuk menamakan busana mereka yang bisa langsung dibeli dan dipakai dengan mudah tanpa harus melakukan pengukuran badan dan memesan desainnya terlebih dahulu. Konsep ini dapat dengan mudah untuk di produksi secara massal oleh para brand fashion, namun kebanyakan item fashion dengan konsep ini memiliki model yang sederhana dan cenderung monoton, hal inilah yang menginspirasi PT. Multi Sandang Tamajaya yang berkolaborasi dengan brand Dust dan brand Geela untuk membuat sebuah kompetisi dengan nama Tama Fashion Design Competition bagi para insan kreatif Indonesia untuk berani menciptakan sebuah design fashion dengan konsep Ready To Wear yang kreatif, simple dan nyaman. Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi para pecinta fashion di Indonesia untuk dapat memberikan konsep kreatif tentang ide gaya berpakaian mereka di tengah pandemi seperti ini. Tama Group juga berkolaborasi dengan brand Dust dan brand Geela dalam penyelenggaraan kompetisi ini. Tahun ini Tama Group mengusung tema “Dare To Create Ready To Wear” yaitu konsep desain pakaian ready to wear dengan semangat yang muda dan segar.


Dengan adanya event ini, kami tentu berharap munculnya insan muda kreatif yang dapat memberikan kontribusi positif yang segar dalam dunia fashion designer Indonesia. Tidak hanya itu kami juga berharap dengan adanya event ini, dapat membangkitkan semangat para fashion designer lokal di tengah kondisi pandemi seperti ini.


Untuk kalian para Fashion Enthusiast & para Fashion Designer lokar yang kreatif, yuk langsung aja daftar melalui link berikut ini :


Berikut adalah syarat dan ketentuan yang berlaku yang Sobat Tama!, jangan khawatir jika masih ada yang kurang jelas, kalian bisa langsung chat, direct message ke nomer whatsapp dan account instagram di bawah ini yaa!



T A M A

be a better partner

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts