Mengenal Kain Cotton, Bahan Kain yang Nyaman dan Cocok Dipakai di Iklim Tropis!



Cotton merupakan salah satu bahan pakaian yang sering digunakan oleh masyarakat khususnya Indonesia. Kain katun atau yang dikenal dengan nama Cotton ini terbuat dari benang yang ditenun dan benang tersebut terbuat dari serat kapas yang dipintal. Selain itu, jenis kain ini sangat mudah dijumpai di berbagai toko di pasaran sebab memang dijadikan sebagai salah satu bahan utama pembuatan produk-produk oleh berbagai industry tekstil tentunya.

Berdasarkan penelitian, tanaman kapas yang menjadi salah satu bahan utama pembuatan kain ini berasal dari Asia, Afrika, Australia dan Amerika. Tanaman kapas telah lama dikenal dan dibudidayakan sejak zaman prasejarah. Hal ini terbukti dari penemuan fakta bahwa tanaman kapas telah dibudidayakan di daerah India kurang lebih 5000 tahun yang lalu. Sejak saat itu tanaman kapas semakin dikenal hingga sekarang.

Kain katun dikenal sebagai bahan yang adem, nyaman dan mudah menyerap keringat, sehingga sangat cocok untuk dikenakan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Nah Sobat Tama, tahukah kalian kalau kain jenis katun ini memiliki jenis yang beragam ? yang menjadikan kain-kain katun itu berbeda ialah teknik tenun dan perbedaan kualitas serat kapas, Yuk kita kenali beberapa jenis kain katun yang cukup laris di pasaran.




  • 100% Katun

Kain dengan bahan 100% Katun ini memang menjadi salah satu jenis kain katun yang sangat mudah ditemui, bahan ini sangat nyaman digunakan untuk berbagi model pakaian casual ataupun formal. Karakteristik kain ini yaitu adem, tidak panas dan tentunya menyerap keringat.




  • Katun Rayon

Katun rayon terbuat dari serat semisintetis yang berasal dari polimer organik, yaitu campuran kapas dan serat rayon. Bahan ini memiliki ciri khas ringan, dingin dan nyaman, tidak licin, dan permukaannya lebih berkilau. Serupa dengan katun biasa, bahan katun rayon termasuk mudah perawatannya. Selain untuk kemeja, kain ini bisa jadi rekomendasi untuk membuat mukena.



  • Katun Poly

Kain dengan bahan katun poly ini punya tekstur yang halus dan lembut, sehingga lebih nyaman dipakai. Bahannya juga cukup adem dan tidak kusut, jadi nggak panas dipakai. Meskipun bahannya jatuh, polycotton tetap mudah dibentuk jika digunakan sebagai bahan dasar kain hijab.



  • Katun Flanel

Katun jenis Flanel banyak digunakan untuk membuat kemeja. Seperti yang sering kitatemukan,kemeja flanel dengan motif kotak-kotak. Ciri khas bahan flanel dikenal dengan tekstur lebih tebal, agak berbulu, dan lembut. Teknik pembuatan kain flanel dilakukan dengan tenun plain wave pada salah satu sisi, dan dilakukan penyikatan menggunakan mesin sehingga hasil permukaan terasa lembut. Untuk bahan flanel motif kotak, sebelum proses tenun, benang sudah mengalami proses pewarnaan lebih dulu


  • Denim Cotton

Siapa sih yang tidak mengenal kain denim ? kain ini merupakan salah satu item fashion abadi. Kain denim akan selalu menjadi pilihan yang tepat untuk kalian memilih item fashion, kamu bisa mix and match kain demin dengan berbagai item fashion lainnya seperti kemeja ataupun outer yang semakin membuat kalian tampil fashionable


Itulah beberapa jenis-jenis kain katun yang cukup laris di pasaran, dan tentunya kualitas kain katun yang ada di PT. Multi Sandang Tamajaya ini merupakan kualitas kain premium yang sangat cocok untuk kalian jadikan pilihan utama dalam berbusana.





T A M A

be a better partner


Featured Posts