Kain Ecoprint, Salah Satu Peluang Usaha yang Menjanjikan !



Saat ini, gaya hidup yang ramah lingkungan semakin digemari dan meluas ke berbagai sektor usaha, seperti alat-alat rumah tangga hingga model fashion sekalipun. Khusus untuk dunia fashion, kini berkembang sebuah trend yang ramah lingkungan yaitu teknik ecoprint pada kain.


Sesuai namanya, ecoprint sendiri berasal dari kata eco atau ekosistem yang berarti lingkungan atau alam dan print artinya cetak. Ecoprint merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang menghasilkan pigmen warna. Kain jenis ini memang dapat dibuat menjadi beberapa item fashion seperti kemeja, scarf, mukena, seprai, hingga tas atau dompet sekalipun.



Keistimewaan Kain Ecoprint

Kain ecoprint ini memang memiliki banyak keistimewaan sehingga tidak sedikit pecinta fashion tanah air yang menyukai kain jenis ini. Yuk kita simak beberapa keistimewaan kain ecoprint yang bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan !

· Ramah Lingkungan

Kain ecoprint umumnya dibuat menggunakan unsur-unsur alami tanpa adanya bahan sintetis atau kimia, karena itulah kain jenis ini sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran air, tanah atau udara saklipun.


· Motif yang Ekslusif dan Bervariasi

Kain ecoprint mempunyai motif yang sangat unik dan tiada duanya, karena pada setiap lembar kain ecoprint, motif dan warna yang dihasilkan selalu berbeda. Meskipun motif yang dihasilkan selalu berbeda, tapi inilah yang membuat kain ecoprint sangat eksklusif dan motif pada kain ini sangatlah fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman.


· Warna yang Unik

Hampir semua kain ecoprint memiliki warna yang sangat unik dan terksesan lebih natural karena dihasilkan dari bahan-bahan alami yaitu serat-serat dedaunan, bunga, batang tumbuhan yang masih segar.


· Memiliki Nilai Seni yang Tinggi

Kain ecoprint termasuk dalam salah satu karya seni yang bernilai tinggi, karena proses pembuatannya memerlukan waktu yang cukup Panjang dan tidak bisa dibilang mudah. Hal inilah yang membuat kain ecoprint ditetapkan sebagai kain yang memiliki nilai lebih tinggi dibanding kain lainnya.


Peluang Usaha Produk Ecoprint yang Menjanjikan



Dari keistimewaan-keistimewaan produk ecoprint yang telah disebutkan di atas, tak heran jika peluang usaha produk ecoprint ini pun cukup menjanjikan, baik di pasar dalam dan luar negeri. Berikut ini beberapa hal yang menjadikan peluang usaha produk ecoprint layak untuk dilirik.


  1. Kampanye eco friendly atau gaya hidup ramah lingkungan, masih dan akan terus bergaung, baik di dalam dan luar negeri. Makin banyak negara-negara yang memiliki kepedulian untuk menjaga alam dan cara-cara agar hidup ramah lingkungan.

  2. Tren Back to Nature dengan menggunakan motif dan warna natural, makin digemari di dunia fashion. Sehingga lahir sustainable fashion atau fashion yang berkelanjutan. Ecoprint bukan hanya menghasilkan motif dan kain yang lebih cantik dan unik, tetapi juga mengajarkan manusia untuk menghargai alam.

  3. Belum banyak produsen/pebisnis yang bergelut dalam eco printing, membuat peluang bisnisnya pun lebih besar.


Itulah alasan mengapa produk-produk ecoprint menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan saat ini, apakah Sobat Tama tertarik untuk menekuni peluang bisnis yang satu ini ?

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square