Ingin Memulai Bisnis Fashion ? Perhatikan Hal ini Sebelum Kamu Memulainya !


Memulai bisnis fashion merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat, mengapa demikian ? Di pasar online, produk fashion merupakan produk terlaris yang sangat laku setiap tahunnya. Ini menunjukkan, kebutuhan produk fashion di Indonesia semakin tinggi. Selain itu, industri fashion saat ini merupakan salah satu sektor strategis yang dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. Maka dari itu bisnis fashion ini dapat di katakana sebagai peluang bisnis yang menjanjikan karena permintaan terhadap produknya akan selalu ada sampai kapanpun.


Agar bisnis fashion yang menjanjikan itu berjalan dengan sukses, para pebisnis fashion pun melakukan berbagai cara dalam menghadapi tantangan-tantangan usaha yang ada. Tantangan tersebutlah yang dapat membuat bisnis fashion yang semula menjanjikan menjadi jenis usaha yang merugikan jika tantangan-tantangan tersebut tidak diatasi dengan baik.


Berikut ini adalah beberapa tips yang mesti kamu simak sebelum memulai bisnis fashion agar bisnismu berjalan dengan sukses!


· Lakukan Riset Produk



Riset produk merupakan langkah awal untuk menentukan produk apa yang akan kamu jual. Langkah ini penting untuk dilakukan. Kamu tak bisa asal memilih produk yang ingin dijual. Kamu pun juga tak bisa memilih produk hanya dengan asumsi pribadi saja.


Kamu membutuhkan berbagai data yang sesuai dengan kondisi pasar. Dengan begitu produk yang kamu pilih nanti dapat diterima oleh pasar. Untuk memilih produk yang dapat diterima oleh pasar, kamu harus mengetahui trend fashion yang sedang berkembang. Seperti trend warna hingga trend gaya yang sedang berkembang di pasaran. Kamu dapat dengan mudah untuk mengetahuinya melalui Google Trends, Media Sosial hingga melakukan survey dengan membuat kuesioner langsung ke pasaran.


· Kenali Target Pasar



Target pasar adalah orang-orang yang menjadi target penjualan produk kamu. Biasanya target pasar akan memiliki karakteristik yang sama baik dari sisi kebiasaan, demografi, dan lain-lain. Mengenali target pasar saat memulai bisnis sangatlah penting. Dengan mengetahui target pasar, kamu bisa menciptakan produk yang disukai dan dibutuhkan. Target pasar juga dapat membantu kamu untuk membuat strategi pemasaran produk yang tepat sasaran.


· Analisa Kompetitor


Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kenapa sih menganalisa kompetitor itu penting ? dalam memulai suatu bisnis, kamu perlu menganalisa competitor yang menjadi pesaingmu dalam dunia bisnis, mulai dari kelebihan dan kekurangan produknya, harga, cara pemasarannya, hingga pola distribusinya. Hal ini bertujuan agar produk yang kamu tawarkan dapat bersaing. Kamu bisa memanfaatkan kekurangan kompetitormu untuk menciptakan produk yang lebih unggul. Sebab, dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki oleh pesaing, peluang memenangkan pasarpun akan terbuka semakin lebar.


· Membuat Rencana Bisnis ( Business Plan )


Setelah melakukan riset produk , mengenal target pasar hingga menganalisis kompetitor, sekarang Anda perlu membuat perencanaan bisnis atau business plan yang lebih konkret.


Perencanaan bisnis atau business plan bisa dikatakan sebagai konsep bisnis kamu. Business plan ini nantinya akan menjadi pedoman kamu dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, kamu tidak boleh membuatnya asal-asalan.


· Persiapkan Anggaran atau Modal

Dalam memulai bisnis fashion, peran modal sangatlah penting. Namun, modal sedikit atau banyak bukan satu-satunya penentu keberhasilan bisnis fashion kamu. Hal yang terpenting ialah, kamu harus pandai-pandai mengatur dan mengelola modal untuk memulai bisnis fashion. Untuk itu, kamu perlu membuat rincian anggaran dengan tepat dan kamu perlu mencatat semua rencana pengeluaran bisnis agar semuanya tercatat dengan baik.


· Mempersiapkan Produk


Langkah ini adalah langkah eksekusi sebelum produk kamu di jual dan di promosikan ke pasaran. Dalam bisnis fashion terdapat beberapa proses yang wajib untuk kamu persiapkan dengan baik dan matang agar produk yang nantinya di jual ke pasaran memiliki daya saing yang tinggi dan unggul dari produk-produk kompetitor lainnya seperti desain, warna baju yang sedang nge-trend hingga pemilihan bahan berkualitas yang nyaman dipakai. Memilih bahan yang berkualitas ini cukup penting. Karena, bagaimanapun desain dan berapapun harga suatu produk, konsumen nantinya tetap menginginkan produk yang berkualitas.


Memilih bahan pakaian yang berkualitas memang susah-susah gampang. Bahan-bahan inilah yang nantinya dapat menentukan ketahan produk serta kenyamanan bagi penggunanya. Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara untuk mendapatkan bahan-bahan berkualitas.


PT. Multi Sandang Tamajaya hadir untuk menjadi solusi yang tepat dalam menjawab keraguanmu. Beberapa produk-produk unggulan kami ialah kain denim,kain katun, katun polyester, polyester, rayon dengan kualitas premium baik polosan atau motif printingan seperti salah satu rekomendasi artikel kain yang satu ini !



Rekomendasi artikel kain berbahan 100% katun diatas ini, merupakan sebagian kecil dari koleksi artikel kain terbaik yang dimiliki oleh PT. Multi Sandang Tamajaya. Kamu bisa cek beberapa artikel lainnya hanya di website ataupun e-commerce kami, di tunggu yaa !

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square