DISCOVER YOUR FASHION FREEDOM !


Bulan Agustus memang menjadi bulan yang bersejarah khususnya bagi Bangsa Indonesia karena pada bulan ini, kita sama-sama kembali merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 yang begitu terasa sangat istimewa, karena euphoria hari kemerdekaan dapat kembali dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia setelah hampir 2 tahun lamanya kita tidak merasakan euphoria tersebut karena adanya pandemic Covid-19. Hal ini jugalah yang melatar belakangi pemilihan tema besar Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”


Untuk memeriahkan euphoria Hari Kemerdekaan, kali ini PT. Multi Sandang Tamajaya mengadakan sebuah diskusi santai menarik yang dinamakan Tama Talks dan di siarkan secara langsung melalui aplikasi Instagram pada Jumat, 19 Agustus 2022 pukul 18.30. Tama Talks kali ini, bertema Discover Your Fashion Freedom dan kami berkesempatan untuk berdiskusi dengan Narasumber Mas Dede Ananta yang merupakan seorang Dosen dan Fashion Designer yang aktif di dunia fashion tanah air.


Hal yang mendasari kami untuk mengangkat tema tersebut adalah arti kata merdeka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang berarti bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri. tidak terkena atau lepas dari tuntutan atau tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa. Salah satu kebebasan yang menjadi hak setiap warga negara Indonesia adalah kebebasan berekspresi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengekspresikan diri. Salah satunya melalui dunia fashion.


Fashion memang dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan diri, Kita dapat dengan bebas untuk memadupadankan berbagai item outfit sesuai dengan gaya dan karakter yang kita sukai seperti halnya fenomena Citayam Fashion Week yang sempat viral beberapa waktu belakangan.



Fenomena Citayem Fashion Week ini menampilkan kreatifitas anak muda yang menggunakan pakaian dan asesoris seadanya tetapi tetap tampil secara elegan. Mereka menggunakan benda seadanya bahkan terkadang benda-benda yang kadang tidak berguna. CFW memberikan gambaran bahwa untuk menjadi seseorang yang fashionable tidak melulu harus memakai item fashion branded berharga jutaan rupiah.


Di tengah pro, kontra dan stigma negatif terhadap fenomena Citayam Fashion Week, menurut Mas Dede Ananta, fenomena ini merupakan trend sosial yang positif karena para generasi Z disana dapat dengan bebas untuk mengekspresikan style dan fashion mereka. Namun memang hal ini perlu adanya peran dari pemerintah selain agar fenomena ini tidak menganggu keamanan dan kenyamanan bagi lingkungan di sekitarnya, pemerintah dapat memfasilitasi para remaja-remaja tersebut agar kelak menjadi satu generasi yang dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia fashion tanah air hingga fashion internasional sekalipun apalagi saat ini pemerintah sedang menargetkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia pada tahun 2024 nanti, tentunya hal ini bukan sebatas harapan dan angan-angan belaka. Untuk mencapai target tersebut perlu adanya kolaborasi antara asosisasi fashion tanah air, industri dan juga pemerintah dalam hal ini.



Jalan terang pemerintah untuk merealisasikan target tersebut makin terbuka lebar sejak Indonesia terpilih memegang presidensi G-20 per 1 Desember 2021. Saat pembukaan presidensi G20 Indonesia, Presiden menyatakan bahwa amanah tersebut merupakan kesempatan Indonesia untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi dunia, membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, sesuai dengan tema Recover Together, Recover Stronger yang diusung.


Salah satu sumbangsih yang bisa dilakukan bangsa ini untuk pemulihan ekonomi dunia adalah melalui industri fashion, terutama modest fashion. Hal ini diperkuat dari Data Bank Indonesia yang menunjukkan transaksi produk halal yang diperdagangkan melalui platform e-commerce pada Januari hingga Oktober 2021 yang didominasi produk fashion muslim yang memiliki pangsa pasar mencapai 91,93 persen dari total nominal produk halal senilai Rp12,18 triliun.


Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 ini harus dimaknai sebagai momentum generasi muda bangsa untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa ini terlebih untuk memajukan fashion tanah air agar makin eksis di dunia internasional.

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square