Please reload

Recent Posts

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Featured Posts

Pahami Cara Merawat Bahan Voal

August 20, 2019

 

Para Hijabers pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan voile atau lebih dikenal dengan bahan voal. Sempat ramai dan menjadi tren dari tahun 2017, hingga kini voal tetap menjadi bahan kerudung / scarf yang sangat digemari. Kata voal berasal dari kata "voile" yang berarti jilbab / kerudung dalam Bahasa Perancis. 90% kain voal dibuat dengan model hijab square atau segi empat. Bahan ini kerap menjadi favorit karena sangat nyaman dikenakan dan tidak bikin gerah, cocok untuk dipakai beraktivitas sehari-hari. Selain itu, voal disinyalir dapat membentuk wajah si pemakai terlihat lebih proporsional. Karakteristik bahan voal yaitu lembut, sedikit berbulu, mudah dibentuk, dan tetap rapi tanpa disetrika.

 

Nah, bagi kalian yang suka mengoleksi bahan voal, berikut ini beberapa tips untuk merawat bahan voal agar lebih awet dan tahan lama :

 

1. Cuci menggunakan detergen cair

 

Sumber : Freepik

 

Detergen bubuk dapat merusak tekstur kain voal yang ringan karena bubuk detergen biasanya tidak larut secara sempurna. Hal ini dapat menyebabkan kemungkinan bahan voal tergesek, sehingga disarankan untuk mencuci voal menggunakan detergen cair atau shampoo.

 

 

2. Pisahkan dari bahan lain dan cuci menggunakan tangan

 

Sumber : NBC News

 

Sebelum dicuci, pisahkan bahan voal dengan bahan lain untuk mengurangi resiko luntur. Hindari mencuci dengan mesin cuci karena bisa merusak warna dan serat kain.

 

 

3. Jangan menjemur di paparan sinar matahari langsung

 

Sumber : ipricegroup.com

 

Setelah dicuci, jemurlah kain di tempat yang sejuk dan kering. Sebaiknya hindari menjemur di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung untuk menghindari perubahan warna pada kain. Selain itu jangan menjemur kain dalam posisi terlipat karena bisa meninggalkan bekas sabun atau lipatan.

 

 

4. Setrika dengan suhu yang tidak terlalu panas

 

 Sumber : istockphoto

 

Aturlah suhu sedang ketika menyetrika kain voal. Bisa juga diakali dengan melapisi bahan hijab dengan bahan lain saat menyetrikanya. Menyetrika bahan voal saat masih basah juga bisa membuat warna kain cepat memudar. Maka dari itu pastikan kain yang akan disetrika sudah dalam keadaan benar-benar kering.

 

 

5. Biasakan untuk selalu mengenakan inner hijab sebelum memakai hijab voal

 

Sumber : cdn.inatimes

 

Hal ini bertujuan agar keringat yang keluar dari kulit kepala tidak langsung menempel pada hijab. Disarankan untuk mengenakan inner hijab terlebih dahulu agar tekstur dan warna kain voal menjadi lebih awet. 

 

 

6. Simpan dengan hanger atau gantungan

 

Sumber : pinterest

 

Hindari untuk menyimpan bahan voal dalam keadaan terlipat karena dapat membuat rusak dan kusut. Sebaiknya simpan dengan menggantungnya di gantungan khusus hijab dan disusun rapi di lemari khusus.

 

Dengan mengikuti beberapa tips di atas dijamin bahan voal kalian semakin awet dan tahan lama. Selamat mencoba ya !

 

 

PT. Multi Sandang Tamajaya menjual bahan voal serta bahan-bahan gamis dan kerudung lainnya seperti ceruty, bubble crepe, juga hycont. Kain yang kami produksi adalah kualitas grade A premium dengan harga yang ramah di kantong. Keuntungan membeli kain kami yaitu dengan pembelian ecer sudah bisa mendapatkan harga grosir, sehingga cocok sekali bagi Anda yang baru merintis usaha atau sekadar untuk pemakaian pribadi.  Jika berminat untuk membeli bahan-bahan kain di atas silakan hubungi tim kami atau bisa klik di sini.

 

Referensi :

 

https://www.malangtimes.com/baca/29205/20180709/205646/cara-merawat-jilbab-bahan-voal-sudah-tahu

https://fitinline.com/article/read/5-langkah-mudah-merawat-hijab-voal-supaya-tampak-seperti-baru/

https://www.hipwee.com/tips/9-cara-benar-merawat-hijab-dari-mulai-mencuci-hingga-menyimpannya/

 

 

T A M A

be a better partner

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us
Search By Tags