PT. MULTI SANDANG TAMAJAYA 

Jl. Bihbul Raya II No. 107 - Kopo

Bandung, 40228 - Indonesia

FOLLOW US

Facebook

Instagram

Jual Kain Bandung  

Jual Kain Muslim

©2017 by PT. Multi Sandang Tamajaya

Please reload

Recent Posts

What is Cotton? Apa itu katun?

July 21, 2017

1/2
Please reload

Featured Posts

Pahami Cara Merawat Bahan Voal

August 20, 2019

 

Para Hijabers pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan voile atau lebih dikenal dengan bahan voal. Sempat ramai dan menjadi tren dari tahun 2017, hingga kini voal tetap menjadi bahan kerudung / scarf yang sangat digemari. Kata voal berasal dari kata "voile" yang berarti jilbab / kerudung dalam Bahasa Perancis. 90% kain voal dibuat dengan model hijab square atau segi empat. Bahan ini kerap menjadi favorit karena sangat nyaman dikenakan dan tidak bikin gerah, cocok untuk dipakai beraktivitas sehari-hari. Selain itu, voal disinyalir dapat membentuk wajah si pemakai terlihat lebih proporsional. Karakteristik bahan voal yaitu lembut, sedikit berbulu, mudah dibentuk, dan tetap rapi tanpa disetrika.

 

Nah, bagi kalian yang suka mengoleksi bahan voal, berikut ini beberapa tips untuk merawat bahan voal agar lebih awet dan tahan lama :

 

1. Cuci menggunakan detergen cair

 

Sumber : Freepik

 

Detergen bubuk dapat merusak tekstur kain voal yang ringan karena bubuk detergen biasanya tidak larut secara sempurna. Hal ini dapat menyebabkan kemungkinan bahan voal tergesek, sehingga disarankan untuk mencuci voal menggunakan detergen cair atau shampoo.

 

 

2. Pisahkan dari bahan lain dan cuci menggunakan tangan

 

Sumber : NBC News

 

Sebelum dicuci, pisahkan bahan voal dengan bahan lain untuk mengurangi resiko luntur. Hindari mencuci dengan mesin cuci karena bisa merusak warna dan serat kain.

 

 

3. Jangan menjemur di paparan sinar matahari langsung

 

Sumber : ipricegroup.com

 

Setelah dicuci, jemurlah kain di tempat yang sejuk dan kering. Sebaiknya hindari menjemur di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung untuk menghindari perubahan warna pada kain. Selain itu jangan menjemur kain dalam posisi terlipat karena bisa meninggalkan bekas sabun atau lipatan.

 

 

4. Setrika dengan suhu yang tidak terlalu panas

 

 Sumber : istockphoto

 

Aturlah suhu sedang ketika menyetrika kain voal. Bisa juga diakali dengan melapisi bahan hijab dengan bahan lain saat menyetrikanya. Menyetrika bahan voal saat masih basah juga bisa membuat warna kain cepat memudar. Maka dari itu pastikan kain yang akan disetrika sudah dalam keadaan benar-benar kering.