Workshop Menjahit Sashiko di Bandung, Seru Banget Loh !
top of page

Workshop Menjahit Sashiko di Bandung, Seru Banget Loh !



Pernahkah kalian mendengar teknik menjahit Sashiko? Sashiko adalah teknik menjahit dari Jepang yang sudah dipraktekkan turun temurun sejak abad 18. Teknik menjahit ini diterapkan pada beberapa kain yang ditumpuk seperti tambalan agar menjadi lebih tebal dan hangat ketika dipakai. Namun siapa sangka, justru hal ini lah yang membuat teknik Sashiko menjadi unik dan kian digandrungi masyarakat. Selain memperindah, teknik Sashiko juga membuat lapisan pada pakaian menjadi lebih kuat. Adapun jahitan tangan Sashiko dibuat dengan teknik jelujur sederhana membentuk pola garis, lingkaran, kotak, herringbone, ombak, dan lain-lain.



Tanggal 25 Mei 2019 lalu, kami mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung metode menjahit Sashiko. Berlokasi di Bobobox Cipaganti Bandung, kegiatan workshop Sashiko diadakan oleh Java Anggara, Lola Nadya dan Yuffa Annisa, para mahasiswa/i dari universitas di Bandung. Kegiatan workshop diawali dengan presentasi singkat mengenai pengenalan akan teknik jahit Sashiko, dilanjutkan dengan demo oleh pengajar. Setelah itu giliran setiap peserta untuk mempraktekkan Sashiko di media tote bag menggunakan potongan-potongan kain, jarum, dan benang yang sudah disediakan.



Selain menambah nilai estetis, teknik jahitan Sashiko juga mendukung prinsip zero waste, karena dapat diaplikasikan pada celana jeans, sepatu, tas, atau jaket yang tadinya sudah tidak terpakai sehingga memiliki nilai jual kembali. Tidak menutup kemungkinan orang yang sudah menguasai teknik Sashiko bisa menjadikannya sebagai usaha/bisnis seperti craft, patchwork, atau fashion.


Foto Bersama dengan Karya Peserta Workshop Sashiko



Bagi kalian yang tertarik dengan teknik menjahit Sashiko, tidak ada salahnya untuk mencoba mempelajarinya. Selain menambah ilmu, belajar teknik Sashiko dapat menjadi ladang bisnis di kemudian hari, sekaligus melestarikan teknik jahit Sashiko agar tidak hilang seiring berkembangnya zaman.


Referensi :


https://gayahidup.republika.co.id/berita/pgd8p8366/mengenal-teknik-menjahit-sashiko

https://gonjreng.com/sashiko-yang-cantik-dan-menawan/


T A M A

be a better partner

Recent Posts
Archive
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page