Tekstil atau Garmen? Apa Bedanya?
top of page

Tekstil atau Garmen? Apa Bedanya?


Foto : rav.org.rs

Halo sobat Tama !


Kali ini kita akan membahas perbedaan antara tesktil dan garmen. Ketika mendengar kata “tekstil” biasanya hal yang terlintas pertama kali di dalam pikiran kita adalah kain dan pakaian jadi. Masih banyak orang yang belum memahami betul bahwa istilah tekstil berbeda dengan pakaian jadi yang lebih condong ke istilah garmen. Definisi tekstil sendiri yaitu bahan dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan untuk pembuatan busana dan berbagai produk kerajinan lainnya. Tekstil meliputi tiga proses pembuatan yaitu : proses pembuatan serat (fiber making mill), proses pembuatan benang (spinning mill), dan proses pembuatan kain (fabric mill).


Foto : zydexindustries.com

Sedangkan istilah “garmen” lebih merujuk pada proses pembuatan kain menjadi pakaian jadi. Walaupun garmen membutuhkan kain sebagai bahan bakunya, tetapi tidak serta merta istilah garmen mencakup proses pembuatan kain. Garmen maknanya lebih spesifik pada proses menambah nilai jual dari bahan tekstil.


Apabila kita menemukan suatu industri/perusahaan yang memiliki kata “garmen” maka hampir pasti pabrik tersebut berbisnis di bidang pembuatan pakaian, sedangkan jika kita menemukan industri/perusahaan yang memiliki kata “tekstil” belum tentu hanya sekadar satu bidang garapan bisnis saja misalnya hanya menenun kain saja, karena cakupan bisnisnya bisa lebih luas sampai ke pembuatan serat dan pembuatan pakaian jadi.


Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan kalian seputar tekstil dan garmen ya !

Referensi : http://www.jalakapas.com/?p=434

T A M A

be a better partner

Recent Posts
Archive
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page