PT. MULTI SANDANG TAMAJAYA 

Jl. Bihbul Raya II No. 107 - Kopo

Bandung, 40228 - Indonesia

FOLLOW US

Facebook

Instagram

Jual Kain Bandung  

Jual Kain Muslim

©2017 by PT. Multi Sandang Tamajaya

Please reload

Recent Posts

What is Cotton? Apa itu katun?

July 21, 2017

1/2
Please reload

Featured Posts

Tekstil atau Garmen? Apa Bedanya?

June 24, 2019

Foto : rav.org.rs 

 

Halo sobat Tama !

 

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara tesktil dan garmen. Ketika mendengar kata “tekstil” biasanya hal yang terlintas pertama kali di dalam pikiran kita adalah kain dan pakaian jadi. Masih banyak orang yang belum memahami betul bahwa istilah tekstil berbeda dengan pakaian jadi yang lebih condong ke istilah garmen. Definisi tekstil sendiri yaitu bahan dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan untuk pembuatan busana dan berbagai produk kerajinan lainnya. Tekstil meliputi tiga proses pembuatan yaitu : proses pembuatan serat (fiber making mill), proses pembuatan benang (spinning mill), dan proses pembuatan kain (fabric mill). 

 

Foto : zydexindustries.com

 

Sedangkan istilah “garmen” lebih merujuk pada proses pembuatan kain menjadi pakaian jadi. Walaupun garmen membutuhkan kain sebagai bahan bakunya, tetapi tidak serta merta istilah garmen mencakup proses pembuatan kain. Garmen maknanya lebih spesifik pada proses menambah nilai jual dari bahan tekstil.

 

Apabila kita menemukan suatu industri/perusahaan yang memiliki kata “garmen” maka hampir pasti pabrik tersebut berbisnis di bidang pembuatan pakaian, sedangkan jika kita menemukan industri/perusahaan yang memiliki kata “tekstil” belum tentu hanya sekadar satu bidang garapan bisnis saja misalnya hanya menenun kain saja, karena cakupan bisnisnya bisa lebih luas sampai ke pembuatan serat dan pembuatan pakaian jadi.

 

Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan kalian seputar tekstil dan garmen ya !

 

Referensi : http://www.jalakapas.com/?p=434

 

T A M A

be a better partner