Please reload

Recent Posts

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Featured Posts

Saatnya Sukseskan Resolusi Keuanganmu di Tahun 2019 !

December 29, 2018

 

Sobat Tama, kalian yang sudah bekerja mungkin pernah mengalami hal-hal seperti ini : Gaji yang selalu habis tidak bersisa. Pengeluaran bulanan lebih besar dibandingkan dengan pendapatan. Banyaknya godaan untuk shopping atau nongkrong di cafe hingga gaji pun mulai menipis di pertengahan bulan. Ujung-ujungnya kita menyalahkan pendapatan kita yang lebih sedikit dibandingkan orang lain.

 

Tapi nih Sobat Tama, sebenarnya masalah nya bukan dari kurangnya pendapatan atau gaji kita guys, tetapi bagaimana cara kita menjaga pengeluaran. Tidak bisa dipungkiri zaman sekarang sulit sekali untuk mengubah gaya hidup khususnya bagi orang-orang yang tinggal di kota besar. Namun bukan artinya tidak bisa loh, guys. Sebentar lagi kita akan menyongsong pergantian tahun, bagi Sobat Tama yang memiliki rencana untuk memulai bisnis, membeli rumah, menikah, atau melanjutkan pendidikan, sudah saatnya bagi kita untuk merombak cara mengelola keuangan di tahun 2019 nanti. Yuk simak beberapa tips berikut agar pengeluaran kamu ga bocor terus di tahun depan :

 

1. Membuat Alokasi Anggaran

 

 

Sobat Tama, saatnya untuk mulai merencanakan alokasi gaji kamu tiap bulan. Membuat anggaran bukan artinya membatasi kalian untuk selalu hidup irit dan tidak bersenang - senang sama sekali, tapi semua ditentukan dengan porsi yang wajar. Coba deh terapkan prinsip 10 – 20 – 30 – 40 untuk alokasi gaji kamu. Prinsip ini sudah terkenal dan banyak diterapkan sampai pengusaha sekalipun.

 

Penjumlahan dari 10 + 20 + 30 + 40 adalah 100. Angka tersebut menunjukkan berapa persen dari penghasilan yang sebaiknya dialokasikan.

 

Misalnya nih gaji kamu 4 juta, maka 10% x Rp.4.000.000,- = Rp. 400.000,- kamu gunakan untuk amal/menolong orang lain, 20% x Rp.4.000.000,- = Rp. 800.000,- dialokasikan untuk masa depan atau dana darurat, 30% x Rp.4.000.000,- = Rp. 1.200.000,- digunakan untuk membayar cicilan, 40% x Rp. 4.000.000,- = Rp. 1.600.000,- digunakan untuk biaya makan, minum, hobi, rekreasi, pulsa, listrik, dsb.

 

Mungkin kebanyakan dari kita akan tetap merasa kesulitan menerapkan prinsip di atas, maka tips nya yaitu :

 

-Evaluasi dan kurangi gaya hidup yang dirasa tidak perlu, misalnya mengurangi rokok, ngopi di cafe, membeli cemilan, dll.

 

-Bedakan keinginan dan kebutuhan. Kalian harus mulai belajar mengendalikan keinginan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

 

-Berani berkata tidak. Terkadang kita sulit untuk menolak ajakan untuk sekadar nongkrong bareng atau memberikan surprise untuk teman. Apabila memang tidak cukup, beranilah untuk jujur dan mengutarakan permasalahanmu.

 

-Tingkatkan penghasilan. Kalau memang ternyata masih tidak cukup, baru lah tandanya bagi kamu untuk meningkatkan penghasilan.

 

2. Rutin Mencatat Pengeluaran  Setiap Hari

 

 

Tahun 2019 adalah saatnya bagi Sobat Tama untuk membuat jurnal pengeluaran pribadi.  Mencatat jurnal pengeluaran bukannya tanpa tujuan guys, dengan mencatat pengeluaran secara rutin kamu bisa :

 

  • Tahu berapa pengeluaranmu selama sebulan, apakah lebih kecil atau lebih besar daripada pendapatan

  • Tahu mana gaya hidupmu yang paling boros dan tidak terlalu penting

  • Tahu pengeluaran yang kelihatannya kecil, misalnya ngopi di café, ternyata jumlahnya besar setelah diakumulasi selama 1 bulan

  • Mengevaluasi kembali gaya hidupmu   

Kalau Sobat Tama merasa repot untuk mencatat pengeluaran di buku, sekarang banyak sekali aplikasi pencatat keuangan yang bisa didownload di ponsel kalian. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Catatan Keuangan, kamu bisa mengunduhnya di Playstore. Di aplikasi ini juga kamu bisa meng-export jurnal pengeluaranmu ke excel guys, sangat mudah sekali. ​

 

3. Mulailah investasi

 

Investasi penting untuk menunjang masa depan kalian, seperti keinginan untuk membeli rumah, mobil, dsb. Mulailah dulu dengan investasi yang menghasilkan keuntungan dengan risiko yang kecil, kalian bisa mencoba investasi saham, reksadana, unit-link, emas, properti, valuta asing, obligasi hingga deposito.

 

4. Mencari Penghasilan Tambahan

 

 

Buat Sobat Tama yang merasa pendapatan bulanan yang didapat masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan, Sobat Tama bisa mulai untuk memikirkan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Zaman kini sangat mudah untuk mencari penghasilan tambahan dengan modal minim, misalnya menjadi reseller suatu produk, melakukan job part time, atau membuka online shop.

 

5. Bawalah Uang Secukupnya

 

 

Mungkin beberapa dari kalian ada yang kesusahan untuk mengerem tindakan konsumtif untuk berbelanja. Cara mengantisipasinya yaitu mulailah dengan membawa uang secukupnya. Kamu bisa mengakalinya dengan membuka dua tabungan, satu tabungan dialokasikan khusus untuk menabung dan disimpan saja di rumah. Atau bisa juga dengan membatasi uang cash yang kamu bawa setiap hari nya.

 

Nah semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk resolusi Sobat Tama di tahun depan ya !  Tetap semangat untuk menyongsong tahun yang baru :)

 

 

Happy New Year 2019 

 

Referensi :

 

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/02/073000226/mengelola-penghasilan-dengan-prinsip-10-20-30-40. 

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/02/073000226/mengelola-penghasilan-dengan-prinsip-10-20-30-40. 

https://blog.danabijak.com/resolusi-keuangan-tahun-2019/

https://www.cermati.com/artikel/4-cara-mudah-atur-gaji-bulanan-yang-kecil

http://www.parenting.co.id/keluarga/tips-kelola-penghasilan-dengan-prinsip-10-20-30-40

 

T A M A

be a better partner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us
Search By Tags