PT. MULTI SANDANG TAMAJAYA 

Jl. Bihbul Raya II No. 107 - Kopo

Bandung, 40228 - Indonesia

FOLLOW US

Facebook

Instagram

Jual Kain Bandung  

Jual Kain Muslim

©2017 by PT. Multi Sandang Tamajaya

Please reload

Recent Posts

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Featured Posts

5 Cara Jitu Menghilangkan Berbagai Noda Pakaian

August 23, 2018

Hai Sobat Tama,

 

Pasti rasanya mengesalkan sekali apabila pakaian kesayangan kita terkena noda yang sulit untuk dihilangkan. Mungkin secara tidak sengaja pakaian kita tercoret bolpoin ketika bekerja, terkena saus atau tersiram kuah ketika sedang menyantap makanan. Meskipun sudah dicuci berkali-kali pun noda tetap membandel dan tidak bisa hilang. Lantas bagaimana solusinya? Di sini kami akan merangkum beberapa tips menghilangkan noda pakaian membandel yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah diperoleh dan jauh lebih murah daripada membeli pakaian baru. Yuk simak beberapa tips menghilangkan noda pakaian di bawah ini!

 

1. Noda Tinta/Bolpoin

 

 

Kalau pakaian kamu terkena noda tinta, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan alkohol (atau asetat). Alkohol adalah bahan efektif untuk mengangkat berbagai jenis noda tinta, mulai dari tinta spidol hingga tinta bolpoin. Caranya mudah, cukup celupkan kain putih bersih atau spons ke dalam alkohol, lalu tutulkan pada bagian pakaian yang terkena noda dengan hati-hati. Jika noda sudah berhasil diangkat, cuci pakaian seperti biasanya. Tapi hati-hati ya sobat, cara ini tidak disarankan untuk membersihkan pakaian berbahan sutra, wol, atau rayon.

 

Selain menggunakan alkohol, kalian juga bisa menggunakan campuran baking soda dan air untuk mengangkat noda tinta. Cara ini aman digunakan pada semua jenis kain. Campurkan baking soda dan air dengan perbandingan 2 : 1 hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan campuran pasta tersebut pada kapas dan tutulkan ke bagian yang terkena noda. Ulangi sampai seluruh noda hilang terangkat kemudian lap sisa pasta yang masih menempel menggunakan kain lap bersih atau handuk.

 

2. Noda Saus

 

 

Noda saus juga merupakan salah satu noda yang sulit untuk dihilangkan. Kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan pencuci piring dan cuka. Caranya yaitu bilas pakaian yang terkena saus secara perlahan kemudian tambahkan cairan pencuci piring. Setelah itu rendam kain dengan larutan air dan sedikit cairan cuka kemudian gosok bagian yang terkena saus. Bilas sampai noda saus hilang.

 

3. Noda Kunyit

 

  

Apakah pakaian kalian pernah tersiram kuah soto, kare, atau gulai? Pasti sangat mejengkelkan karena noda kuning dari kunyit amat membandel dan susah sekali dihilangkan. Tapi jangan khawatir, kalian bisa menghilangkan noda kunyit dengan bumbu dapur seperti garam dan jeruk nipis. Ketika baju terkena kunyit, segera basuh baju yang terkena kunyit kemudian cuci bagian yang terkena dengan detergen, rendam selama 30 menit. Setelah itu tambahkan garam dan jeruk nipis pada bagian baju yang terkena noda, kucek hingga noda pudar dan bilas dengan air. Apabila kunyit masih menyisakan warna pink pada baju, coba berikan pemutih namun pastikan dahulu keamanannya pada label pakaian.

 

4. Noda Bintik Hitam akibat Jamur

 

 

Pakaian kamu terlalu lama disimpan hingga berjamur? Belilah citric acid (sitrun) atau asam sitrat di toko-toko bahan makanan terdekat. Sifat asam kuat pada citric acid dapat dengan ampuh membunuh noda bersifat basa layaknya noda jamur. Caranya yaitu siapkan air mendidih dalam ember kemudian larutkan citric acid ke dalamnya (1 pakaian sekitar 2 sendok makan). Masukkan pakaian yang berjamur hingga semua terendam dan diamkan hingga 10 menit. Setelah agak dingin kucek pakaian dan bilas dengan air bersih beberapa kali.

 

5. Noda Menguning pada Ker