5 Cara Jitu Menghilangkan Berbagai Noda Pakaian
top of page

5 Cara Jitu Menghilangkan Berbagai Noda Pakaian

Hai Sobat Tama,


Pasti rasanya mengesalkan sekali apabila pakaian kesayangan kita terkena noda yang sulit untuk dihilangkan. Mungkin secara tidak sengaja pakaian kita tercoret bolpoin ketika bekerja, terkena saus atau tersiram kuah ketika sedang menyantap makanan. Meskipun sudah dicuci berkali-kali pun noda tetap membandel dan tidak bisa hilang. Lantas bagaimana solusinya? Di sini kami akan merangkum beberapa tips menghilangkan noda pakaian membandel yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah diperoleh dan jauh lebih murah daripada membeli pakaian baru. Yuk simak beberapa tips menghilangkan noda pakaian di bawah ini!


1. Noda Tinta/Bolpoin



Kalau pakaian kamu terkena noda tinta, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan alkohol (atau asetat). Alkohol adalah bahan efektif untuk mengangkat berbagai jenis noda tinta, mulai dari tinta spidol hingga tinta bolpoin. Caranya mudah, cukup celupkan kain putih bersih atau spons ke dalam alkohol, lalu tutulkan pada bagian pakaian yang terkena noda dengan hati-hati. Jika noda sudah berhasil diangkat, cuci pakaian seperti biasanya. Tapi hati-hati ya sobat, cara ini tidak disarankan untuk membersihkan pakaian berbahan sutra, wol, atau rayon.


Selain menggunakan alkohol, kalian juga bisa menggunakan campuran baking soda dan air untuk mengangkat noda tinta. Cara ini aman digunakan pada semua jenis kain. Campurkan baking soda dan air dengan perbandingan 2 : 1 hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan campuran pasta tersebut pada kapas dan tutulkan ke bagian yang terkena noda. Ulangi sampai seluruh noda hilang terangkat kemudian lap sisa pasta yang masih menempel menggunakan kain lap bersih atau handuk.


2. Noda Saus



Noda saus juga merupakan salah satu noda yang sulit untuk dihilangkan. Kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan pencuci piring dan cuka. Caranya yaitu bilas pakaian yang terkena saus secara perlahan kemudian tambahkan cairan pencuci piring. Setelah itu rendam kain dengan larutan air dan sedikit cairan cuka kemudian gosok bagian yang terkena saus. Bilas sampai noda saus hilang.


3. Noda Kunyit



Apakah pakaian kalian pernah tersiram kuah soto, kare, atau gulai? Pasti sangat mejengkelkan karena noda kuning dari kunyit amat membandel dan susah sekali dihilangkan. Tapi jangan khawatir, kalian bisa menghilangkan noda kunyit dengan bumbu dapur seperti garam dan jeruk nipis. Ketika baju terkena kunyit, segera basuh baju yang terkena kunyit kemudian cuci bagian yang terkena dengan detergen, rendam selama 30 menit. Setelah itu tambahkan garam dan jeruk nipis pada bagian baju yang terkena noda, kucek hingga noda pudar dan bilas dengan air. Apabila kunyit masih menyisakan warna pink pada baju, coba berikan pemutih namun pastikan dahulu keamanannya pada label pakaian.


4. Noda Bintik Hitam akibat Jamur


Pakaian kamu terlalu lama disimpan hingga berjamur? Belilah citric acid (sitrun) atau asam sitrat di toko-toko bahan makanan terdekat. Sifat asam kuat pada citric acid dapat dengan ampuh membunuh noda bersifat basa layaknya noda jamur. Caranya yaitu siapkan air mendidih dalam ember kemudian larutkan citric acid ke dalamnya (1 pakaian sekitar 2 sendok makan). Masukkan pakaian yang berjamur hingga semua terendam dan diamkan hingga 10 menit. Setelah agak dingin kucek pakaian dan bilas dengan air bersih beberapa kali.

5. Noda Menguning pada Kerah dan Ketiak Baju

Noda menguning di bawah ketiak dan kerah pastinya sangat mengganggu, apalagi pada baju putih. Penyebabnya berbagai macam, bisa karena keringat, deodorant, disimpan di tempat lembap, atau penggunaan produk pemutih yang tidak sesuai.

Kalian bisa menggunakan baking soda dengan cara melarutkannya dengan air menjadi pasta, lalu oleskan pasta baking soda ke noda kuning daerah ketiak atau kerah dan diamkan semalam. Keesokan harinya bilas dan cuci pakaian dengan menggunakan deterjen. Selain menggunakan baking soda, kalian juga bisa menghilangkan noda menguning dengan cairan pencuci piring. Oleskan sedikit cairan pencuci piring pada noda kemudian gosok dengan sikat gigi bekas.

Itulah lima tips menghilangkan noda di pakaian, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya :)

*Untuk kalian yang ingin tahu tips bagaimana cara mencuci celana jeans agar tidak luntur klik

Referensi :

https://id.wikihow.com/Menghilangkan-Noda-Tinta-pada-Pakaian#/Berkas:Remove-Ink-from-Clothes-Step-1-Version-7.jpg

https://www.sejukelektronik.com/news/article/8-cara-ampuh-menghilangkan-noda-membandel-pada-pakaian/112

https://www.vemale.com/tips-and-tricks/48298-menghilangkan-noda-kunyit-pada-baju.htmlhttps://luvizhea.com/cara-jitu-menghilangkan-noda-membandel-pada-pakaian/

https://bacaterus.com/cara-menghilangkan-noda-kuning-di-baju/



T A M A

be a better partner





























Recent Posts
Archive
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page