Cara Merawat Denim atau Jeans
top of page

Cara Merawat Denim atau Jeans

Salah satu trik perawatan celana jeans yang bisa Anda terapkan adalah dengan tidak terlalu sering mencucinya karena warna indigo pada jeans cenderung mudah pudar. Jeans cukup dicuci sesekali atau ketika Anda melihat kotoran yang tampak kasatmata pada jeans.

Cara mencuci celana jeans agar tidak luntur

Untuk mempertahankan warna asli jeans, ikuti cara mencuci jeans berikut ini:

  1. Periksa suhu air maksimum yang dianjurkan pada label perawatan celana jeans Anda. Suhu air yang terlalu tinggi berisiko memudarkan warna asli jeans. Jika keterangan ini tidak tertera pada label perawatan, pilih siklus cuci dengan air dingin pada mesin cuci.

  2. Balik jeans, pasang kancing-kancingnya, dan tutup ritsletingnya sebelum memasukkan jeans ke dalam mesin cuci. Membalik jeans membantu mencegah pemudaran warna jeans, sedangkan memasang kancing dan ritsleting bertujuan mencegahnya tersangkut cucian lain.

  3. Pilih deterjen yang tepat. Deterjen bubuk yang lembut serta mengandung pencerah warna, seperti Rinso Colour & Care, merupakan pilihan ideal untuk menjaga warna indigo pada jeans tetap awet.

  4. Khusus untuk jeans warna hitam, cuci jeans di mesin cuci pada siklus cuci air dingin dengan secangkir cuka putih untuk menjaga jeans tetap hitam. Baru kemudian cuci lagi dengan deterjen biasa.

  5. Jangan menjejali tabung mesin cuci dengan terlalu banyak cucian. Idealnya, cucian harus bisa berputar leluasa di dalam tabung cuci dan tidak membelit satu sama lain di akhir siklus cuci.

  6. Keringkan jeans di mesin pengering sebentar sebelum digantung di luar jika Anda ingin hasil akhirnya lebih lemas. Hindari mengeringkan jeans di mesin pengering cucian hingga benar-benar kering karena jeans bisa jadi menyusut. Jika Anda ingin jeans lebih kaku atau jika Anda tidak memiliki mesin pengering cucian, keringkan langsung di udara terbuka seusai dicuci.

Cara mencuci celana jeans agar tidak luntur

Cara merawat jeans sering difokuskan untuk mencegah warnanya memudar. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Atasi noda segera. Tak perlu mencuci seluruh jeans jika hanya terkena noda sedikit, cukup tangani bagian yang ternoda. Usapkan sedikit deterjen yang sudah dilarutkan dalam air dan kucek perlahan untuk memecah noda. Bilas dengan air dingin hingga bersih kemudian angin-anginkan hingga kering.

  2. Gantung jeans untuk menyimpannya. Jeans sebaiknya digantung di hanger pada bagian lutut. Melipat jeans beberapa kali dan menyimpannya bertumpuk-tumpuk bisa meninggalkan area warna pudar pada bagian lipatan.

  3. Idealnya, jeans baru tidak perlu dicuci sekurangnya selama enam bulan pertama untuk mencegah warnanya memudar. Jeans sedikit menyusut setelah dicuci merupakan hal wajar, jeans akan segera kembali ke bentuk semula setelah dipakai sekali.

credit: https://www.cleanipedia.com/id/cuci-mencuci/cara-mencuci-jeans-dan-cara-merawat-jeans

T A M A

be a better partner

Recent Posts
Archive
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page